Command & Conquer: Red Alert 3 adalah permainan video real-time strategy tahun 2008 yang dikembangkan oleh EA Los Angeles dan diterbitkan oleh Electronic Arts. Permainan ini diumumkan pada 14 Februari 2008,[11] kemudian dirilis pada 28 Oktober 2008 di Amerika Serikat untuk basisMicrosoft Windows Komputer personal dan tiga hari kemudian diliris di Eropa. Versi untuk konsol Xbox 360 dirilis di Amerika Serikat pada 11 November 2008. Versi PlayStation 3 mengalami penundaan dikarenakan kesulitan dengan arsitektur sistem.[9] Pada 21 Januari 2009 EA secara resmi mengumumkan Command & Conquer: Red Alert 3 - Ultimate Edition,[12] versi PS3 yang mengandung materi tambahan yang lebih daripada versi PC dan Xbox 360. Ultimate Edition dirilis pada 23 Maret 2009. EA juga mengumumkan rilis untuk versi Mac OS, yang dikonversikan ke Mac OS olehTransGaming.[10] Permainan ini adalah bagian dari sub-seri Red Alert dalam seri permainan Command & Conquer. Pada awal Januari, EA Los Angelesmengumumkan sebuah tambahan baru untuk permainan ini yaitu: Command & Conquer: Red Alert 3 - Uprising, sebauh pak ekspansi berdiri sendiri untuk single player yang dirilis untuk Windows pada Maret 2009. Pak ekspansi ini juga ditawarkan melalui distribusi digital.[13]
Permainan di bertempat pada dunia parallel dimana Perang Dunia II tidak pernah terjadi - pada versi asli Red Alert, Albert Einstein kembali ke masa lalu dan melenyapkan Hitler di tahun 1920an. Setelah kemenangan Sekutu (Allied) di Red Alert 2, pemimpin Soviet kembali ke masa lalu dan melenyapkan Albert Einstein pada tahun 1927, mencegah Sekutu menciptakan senjata atom sementara Uni Soviet sedang mengumpulkan kekuatan, melawan Sekutu tahun 1950an. Pada permainan ini, Empire of the Rising Sun juga meningkatan kekuatan dan menjadi ancaman bagi faksi lain (sebuah hasil yang tidak disengaja karena penjelahan waktu oleh Uni Soviet). Tiga faksi tersebut bisa dimainan, dengan gameplay utama melibatkan membangun basis, mengumpulkan sumber daya, melatih tentara yang terdiri dari unit darat, air, dan udara untuk mengalahkan pemain lain. Setiap faksi memiliki campaign dengan melibatkan kerjasama penuh, bisa kerjasama dengan Artificial Intelligence atau dengan pemain manusia lain melalui online. Campaign ini mengikuti garis cerita, dengan mengaplikasikan objektif misi yang spesifik dan pelarangan beberapa unit tertentu. Bermainskirmish yang tidak melarang unit tertentu, bermain melawan computer atau multiplayer melalui LAN atau online juga tersedia dalam permainan ini.
Permainan ini mendapatkan review yang sebagian besar positif, dengan banyak pengulas memuji komponen co-operative dan multiplayer sebagai kelebihan permainan ini, dengan peningkatan peran unit laut dibandingkan dengan permainan real-time strategy lain. Kelemahan yang sering disebutkan termasuk beberapa aspek seperti mencari jalan (pathfinding) unit.
Game Play -------------------------------------------------------
Red Alert 3 tetap memelihara ini mekanik RTS dari seri Command & Conquer. Antar Faksi mengumpulkan sumber daya untuk membuat markas militer dan pasukannya. Strukturnya dangkal tetapi memiliki tech tree yang lebar dengan variasi unit dan senjata super yang sukar dipahami. Tipe senjata terspesialisasi sampai titik dimana seorang tentara dapat bertahan dari serangan langsung kanon antii-tank. Penambahan unsur Red Alert 3 yang paling terlihat adalah tambahan faksi Empire of the Rising Sun, mirip dengan Tiberium Wars yang menambahkan faksi Scrin, campaign yang butuh kerjasama, dan peperangan laut.
Campaign "single-player" sekarang membutuhkan kerjasama. Setiap misi dimainkan bersama dengan satu sekutu. Ketika dimainkan secara online, sekutunya adalah pemain manusia lain. Jika offline sekutu dikendalikan oleh komputer. Setiap tim berbagi penghasilan yang sama dan secara umum mulai dengan pasukan yang sama. Karakter yang dikendalikan computer bisa diberikan perintah yang sangat sederhana, seperti pergi ke posisi yang spesifik, atau menyerang targer spesifik. Campaign mempunyai sembilan misi untuk setiap faksi. Setiap jalan cerita faksi saling berhubungan (mutually exclusive),tidak seperti Tiberium Wars, pendahulu dan paket ekspansi penerusnya, tetapi seperti permainan Command & Conquer lain.
Peperangan laut ditekankan sebagai alternatif penyerang baris depan. Executive producer Chris Corry menyatakan bahwa banyak unit tempur sekarang bisa amfibi, menukar efektifitas dengan fleksibilitas yang meningkat. Bangunan dan keseluruhan markas dapat dibangun diatas air, dan hanya tertentu yang tidak bisa seperti fasilitas unit darat,[14] dan pemain yang "menghiraukan laut [adalah] kehilangan bagian penting dari potensi ekonominya atas musuhnya." Meskipun begitu ada beberapa peta campaign yang keseluruhan berbasis darat, tetapi peta multiplayer memiliki laut yang cukup luas dipeta tersebut.
The use of naval units and various unit abilities also helped stop players from sticking to one unit and constructing large amounts of (or spamming) them early game.[rujukan?] This was a standard strategy for Command & Conquer 3: Tiberium Wars/Kane's Wrath, where players would try to build more of one unit faster than their opponent.[rujukan?]
Kemampuan mengendalikan kemampuan sekunder secara manual adalah umum di tiap faksi dan tiap unit dalam permainan. Penggunaannya bervariasi: adanya yang seperti saklar mati atau nyala, yang lain harus menarget musuh, dan yang lain bisa dipicu hanya dengan satu kali memencet tombol. Kendaraan konstuksi Jepang bisa membangun/menyebar pada lokasi yang spesifik, seorang wamil (Conscript) Uni Soviet bisa mengganti senjata dengan cepat, dan satuan artileri Allied bisa menggunakan perisainya dengan memencet tombol tetapi ada periode cooldown sebelum bisa digunakan kembali. Semua kemampuan diakses dengan memencet tombol yang sama. Permain ini juga menghadirkan poin experience yang bisa digunakan untuk menggupgrade tipe unit dan membeli "commander abilities," dimana bisa memanggil serangan udara, melihat peta (recon sweeps), sorotan satelit magnetik (magnetic satellite beams),dll. Kemampuan komandan tidak membutuhkan biaya sumber daya tetapi memiliki periode cooldown yang signifikan.
Situs ladang bijih (ore field) sebagai sumber daya dihilangkan di permainan ini. Ini berasal dari Red Alert pertama yang mempunyai fungsi yang sama dengan tiberium, dan disini digantikan dengan tambang kecil yang seolah-olah memiliki bijih yang keluar dari tanah. Mekanik permainan ini tidak memiliki perubahan yang besar karena ladang bijih digantikan oleh tambang bijih kecil. Penempatan penyulihan-biji memiliki dampak yang besar dalam permainan ini.
Design -------------------------------------------------------
Red Alert pertama berkisar pada Perang Dunia II antara Sekutu (termasuk Jerman) dan Uni Soviet, dan teknologi tinggi yang hanya dipahami oleh orang tertentu, seperti senjata tesla coil yang dihubungkan dengan death ray Tesla yang gagal, perjalanan waktu yang dihubungkan dengan rumor Philadelphia Experiment, dan force field. Red Alert 2 menghadirkan serangan Soviet ke Amerika Utara dengan tank, kapal udara yang besar, dan anti-kapal yang secara fisik mendominasi yaitu giant squid; ekspansinya, Yuri's Revenge, memperluas persoalan sampai pada UFO dan program luar angkasa Soviet. Executive producer Chris Corry menyatakan dalam wawancara pra-rilis bahwa Red Alert 3 akan terdiferensiasi setiap faksinya."[15]
Soviet dan Allied memiliki tekstur campuran antara lama dan fitur baru. Soviet condong pada kekejaman dan pasukan yang brutal: Kapal udara raksasa Kirov tetap dipertahankan dan flak troopers sekarang adalah penal troops, sementara attack dog adalah unit Allied dan Soviets attack dognya digantikan dengan attack bear yang identik. Unit baru termasuk tank berat seperti "Hammer Tanks" yang bisa merobek senjata dari musuh dan menghancurkannya dengan magnetic beam, anti-infantri yang cepat disebut dengan "Sickles" yang bisa loncat melewati ketinggian yang berbeda, Kapal tempur "Stingray" yang amfibi dilengkapi dengan kumparan tesla kembar, dan alat transportasi amfibi "Bullfrog" yang juga anti-udara serta bisa menembak penumpang didalamnya melalui meriam. Soviet kini kehilangan teknologi nuklirnya dikarenakan cerita latar belakang permainan, tetapi memiliki teknologi yang simple, unit yang murah dan bangunan yang cepat diperbaiki seperti Super Reactor dan Crusher Crane, membuat Soviet mudah untuk menguasai markas musuh. Tank Soviet secara umum lebih kuat daripada tank Allied dan Jepang secara keseluruhan, dengan tambahan seperti Iron Curtain. Sebuah perubahan yang berarti dari Red Alert 2 adalah angkatan udara: sebagai tambahan selain Kirov, Soviet kini memiliki akses pada pesawat MiG dan helikopter tempur. Bangunan Soviet dibangun langsung dilapangan, membuat proses pembangunannya lebih lama dibandingkan dengan Allied dan Jepang. Sebagai pengganti bom nuklir, Soviet mengembangkan Vacumm Imploder, hulu ledak yang menyedot manusia, kendaraan, dan merusak bangunan ke dalam lubang padat sebelum meledak.
Allied/Sekutu mempunyai variasi gadget yang luas (sebagian besar tidak mematikan), sebagian besar sama dengan unit tingkat lanjut Red Alert 2. Unit baru termasuk Hydrofoil dengan sinar-pengacak senjata, helikopter tidak bersenjata yang memiliki sinar pembeku dan pemerkecil, dan Destroyer yang amfibi dengan lapis baja yang magnetik yang bisa mengalihkan serangan musuh kepada dirinya. Unit Allied memiliki aksen dan intonasi yang paling bervariasi. Teknologi chrono Allied pada Red Alert 2 sebagian besar lenyap tetapi masih tersisa, sehingga unit Chronosphere masih tersisa dan kembalinya unit Tanya sekarang dilengkapi dengan sabuk waktu ("time belt") mengembalikan lokasi dan darahnya ke beberapa detik lalu. Teknologi tinggi Allied digerakkan oleh Perusahaan FutureTech dikarenakan ketiadaan Einstein. Karena teknlogi dan pembangunan basisnya membutuhkan cukup waktu, Allied lebih menjadi patience-friendly.[16] Kekuatan utama Allied adalah angkatan udara dengan jangkauan pesawat yang luas dari bomber sampai pesawat tempur superior. Ultimate weapon Allied saat ini adalah Proton Collider, sebuah senjata yang memanfaatkan bahan fisik yang tidak diketahui yang menyebabkan kerusakan hebat pada tingkat atom.
Empire of the Rising Sun memiliki infantry dengan baju zirah samurai dengan senapan energy dan pedang cahaya katana, mecha yang bisa berubah, ninja, murid perempuan dengan kemampuan psionic, dan pesawat yang bisa menyelam/kapal selam yang bisa terbang. Beberapa unit kunci Jepang bisa mengubah bentuknya dari darat-ke-air atau air-ke-darat, membuat felksibilitas yang besar dibandingkan dengan unit Allied atau Soviet. Sebaliknya, beberapa “unit kunci” nya lebih lemah unit faksi lainSaving... dengan spesifikasi yang sama, memaksa pemain untuk memproduksinya dalam jumlah yang besar atau menggunakkannya secara efektif dengan dukungan dari unit lain. Unit air Jepang sangat besar kapabilitasnya, dari kapal khusus anti-kapal sampai pada kapal tempur yang besar. Bangunannya mudah dibangun dan tidak membutuhkan listrik yang besar. Bangunan Jepang juga tidak dibatasi oleh batas area, sehingga Jepang lebih cepat dan efesien memperluas basisnya—sehingga dapat memperoleh ore lebih cepat. Berada di garis waktu yang berubah, Jepang sekarang ahli dalam persenjataan fisik/psionic, tidak hanya commandonya, tetapi juga Psionic Decimatornya. Ultimate weapon meluncurkan gelombang energy yang bisa meratakan sebuah basis. Jepang juga memiliki sebuah Nanoswarm, sebuah mesin yang menghasilkan perisai nanoparticle, mirip dengan iron curtain, tetapi tidak-bergerak dan mencegah segalanya untuk masuk dan keluar dari perisai tersebut.
Mode campaign tetap memelihara tema peperangan camp yang dimainkan secara lurus, dengan beberapa markas rahasia di gunung berapi, inflitrasi android, dan lain-lain. Red Alert 3 ini juga menggunakan Full motion video dengan menghadirkan actor nyata. Pemfilman dimulai pada April 2008.
Trailer
Download
*Gunakan Torrent Downloader